Arsip Blog

Jumat, 03 Februari 2012

Kriteria Langkah Utama Berwira Usaha

Dalam berwirausaha ada 5 kriteria yang harus dipahami agar dapat langsung dalam menjalankan usahanya dan tidak mudah gagal begitu ada hambatan sedikit, maka 5 faktor yang harus kita penuhi sebelum kita berangkat berwira usaha mandiri adalah:

1. KETRAMPILAN

Ini merupakan faktor yang mutlak dan harus di penuhi, sebelum kita berusaha maka kita harus sudah trampil membuatnya tentang apa yang kita usahakan. Misalny : sebelum kita rencanakan jadi pengusaha kerajinan atau yang lainnya, maka kita di tuntut harus bisa membuat, jikalau tak trampil membuat, maka jangan harap kita bisa jadi pengusaha.


2. OBSERVASI / PEMASARAN

Setelah kita bisa memiliki ketrampilannya, langkah kita ialah harus observasi (penelitian pasar) yaitu pada daerah pasar tertentu sudah layaklah untuk diproduksi, misal pada daerah ini andai kata, kita mau memproduksi suatu barang adalah akan laku keras atau tidak. Maka perlulah untuk diteliti, di amati secara seksama agar barang yang kita produksi bisa laku keras di pasaran daerah tersebut. Pemasarannya di daerah ini ada beberapa toko pelanggan dan seberapa jauh pemasaran toko di daerah yang harus kita kembangkan selanjutnya agar dapat meju berkembang.


3. MANAJEMEN DAN PERALATAN

Langkah selanjutnya ialah menata, merancang manajement dan peralatan apa yang kita perlukan misalnya modal berapa, tenaga kerjanya, peralatan yang kita gunakan disiapkan seperlunya, tidak perlu yang mahal-mahal, cukup yang sederhana dulu, yanh terpenting manajemen/keuangan pribadi dan perusahaan harus dipisahkan jangan dicampur aduk, kita bisa bangkrut usahanya.


4. PERIJINAN

Langkah selanjutnya kita harus memiliki izin tempat usaha. Izin perdagangan, dan izin dari Departemen Kesehatan dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan lain-lain. Persyaratan lainnya oleh pemerintah, yang terpenting jangan menyamai/meniru merk dagang pihak lain, kita harus punya merk sendiri yang di daftarkan ke Direktorat Hak Cipta.


5. ETIKAD YANG POSITIF DAN DISIPLIN

Pengusaha yang positif segala tindak laku bicara supaya disegani atau dihormati langganan atau relasi dan harus selalu positif dan disiplin selama memegang janji kepada langganan atau relasi lainnya.

0 komentar

Poskan Komentar