Arsip Blog

Senin, 13 Februari 2012

Terkena Google Sandbox

Tidak di sangka artikel saya yang berjudul Zahir Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik mendapatkan hadiah yang cukup fantastis dalam update page rank Google pada tanggal 7 Februari 2012 kemarin. Artikel Zahir software akuntansi laporan keuangan mendapatkan hadiah dari Google berupa PR 4 dalam Update pagerank kemarin. Akan tetapi tidak di sangka pula, artikel tersebut mendapatkan hukuman dari Google berupa Keranjang Pasir (Google Sandbox) yang menenggelamkan posisi artikel tersebut dalam hasil pencarian Google.

Berikut adalah kronologi sebelum dan sesudah artikel Zahir Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik terkena sandbox Google:


  1. Pada tanggal 7 januari 2012 saya melakukan posting dengan judul Zahir Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik, tanpa optimasi dan posisi di google masih belum kelihatan.

  2. Pada tanggal 25 Januari saya mencoba untuk melakukan optimasi pada artikel yang berjudul Zahir Software Akuntansi Laporan Keuangan dengan sedikit backlink dan setelah itu artikel tersebut naik posisi ke 100 besar dalam Google.co.id

  3. Melihat artikel saya yang kurang relefan, saya mencoba untuk mengedit isi posting secara menyeluruh, dan hasilnya sangat memuaskan. Artikel tersebut berhasil naik ke posisi 30 pada tanggal 3 Februari 2012.

  4. Melihat artikel tersebut tak kunjung naik posisi di Google.co.id membuat saya bernafsu untuk melakukan optimasi secara besar-besaran dengan harapan artikel tersebut bisa naik lagi posisinya, dan pada keesokan harinya artikel saya berhasil naik sedikit ke posisi 25 dan kemudian terjerembab ke posisi 120 hasil pencarian, dan saya kira disinilah awal mula kejadiannya, blog saya terkena Sandbox dari Google

  5. Setelah kejadian tersebut saya jarang melakukan optimasi lagi, sampai hari ini artikel Zahir Software akuntansi laporan keuangan masih naik turun, kadang muncul di posisi 40 besar dan selang beberapa jam menghilang entah di posisi berapa, dan hal itu berulang setiap hari.


Sekedar informasi dan mungkin ini bisa jadi pelajaran buat saya dan teman-teman dalam meng-optimalkan posisi di Google. Menurut saya Google yang sekarang lebih kejam ketimbang Google dalam 3 bulan yang lalu (2011).

0 komentar

Posting Komentar