Arsip Blog

Sabtu, 27 Agustus 2011

Cara membuat telur asin

Pembuatan Telur Asin


Terdapat syarat telur itik yang akan di jadikan telur asin, antara lain kondisi luar telur baik (tidak retak) dan isi telur masih baik (tidak rusak atau busuk), yang dapat di ketahui dengan meneropong telur. Telur yang di asinkan adalah telur yang tidak dibuahi pejantan dan umur simpanannya di bawah sepuluh hari, sehingga kesegarannya masih terjaga. Setelah kondisi telur di pastikan baik, sebelum dijadikan telur asin terlebih dahulu dicuci kemudian dikeringkan.

Bahan dan Peralatan


  1. 400 butir telur itik segar

  2. 1 kg garam dapur bubuk beriodium

  3. 1 kg abu gosok

  4. 1 kg bubuk bata merah

  5. Amplas secukupnya

  6. Baskom plastik berukuran besar

  7. Kompor dan Dandang



Cara Membuat



  1. Campurkan garam, abu gosok, bubuk bata merah dan air. Aduk rata hingga menjadi adonan kental. Tanda adonan yang dapat digunakan adalah mudah menempel pada telur.

  2. Cuci bersih telur kemudian amplas. Lumuri telur dengan adonan hingga merata. Ketebalan tidak lebih dari 3mm.

  3. Simpan telur yang telah di lumuri adonan selama 10-12 hari atau tergantung keasinan yang di inginkan. Semakin lama semakin asin

  4. Bersihkan telur dari adonan yang menyelimutinya. Setelah itu sortir kembali telur dengan melakukan peneropongan. Apabila terlihat gelap berarti telur sudah rusak atau busuk.

  5. Kukus telur selama 4-6 jam.

Catatan:


Pada musim hujan, garam yang digunakan sebagai campuran adonan hanya 600 gram, karena penyerapannya pada saat ini lebih tinggi. Adonan tersebut dapat digunakan hingga tiga kali pembuatan telur asin.

0 komentar

Posting Komentar